Bimbingan Les Privat

Pentingnya Guru Memahami Kepribadian Anak Didik

19 Februari 2017 | Oleh : Admin

Menurut wikipedia, kepribadian adalah keseluruhan cara seorang individu bereaksi dan berinteraksi dengan individu lain. Kepribadian secara umum sering diartikan sifat yang menonjol dari diri seseorang, misalnya seorang yang mempunyai sifat dominan pemalu dijuluki berkepribadian pemalu, seseorang yang pandai bergaul dijuluki berkepribadian supel, dan lain-lain.

Setiap anak didik tentunya mempunyai sifat dan kepribadian yang berbeda-beda Cara Mudah Dalam Belajar Di Rumah. Dan setiap tipe kepribadian itu mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Disinilah peranan guru sangat penting untuk memahami karakter dan keribadian anak didiknya karena banyak manfaat yang bisa diperoleh jika guru bisa memahami kepribadian anak didik, manfaat tersebut antara lain:

Pentingnya Guru Memahami Kepribadian Anak Didik

  • Mendeteksi kelebihan anak didik sehingga bisa meningkatkannya.
  • Mendeteksi kelemahan / kekurangan anak didik sehingga bisa memperbaikinya.
  • Mengetahui potensi yang dimiliki anak didik sehingga bisa mengoptimalkannya untuk bekal masa depannya.
  • Membantu anak didik belajar menerima kelebihan dan kekurangan diri sendiri sehingga mereka juga bisa menerima / bertoleransi dengan kelebihan dan kekurangan orang lain.
  • Dapat mengetahui jenis pekerjaan di masa depan yang cocok untuk anak didik sehingga bisa mengarahkannya agar lebih baik.
  • Dengan mengetahui / mengenal kepribadian anak didik tentunya proses belajar mengajar akan menjadi lebih efektif.

Namun untuk guru di sekolah tentunya hal ini agak sulit dicapai dikarenakan 1 guru memegang sekian puluh murid. Tapi dengan les privat, tentunya hal ini akan lebih mudah dilakukan. lihat bagaimana cara Memilih Guru Privat Yang Baik Dan Berkualitas

Mengenal peserta didik merupakan keharusan bagi seorang guru dalam melaksanakan tugas kependidikan. Dengan mengenal anak didik dengan baik akan membantu guru mengantarkan peserta didik dalam meraih cita-citanya.. Setelah guru, mengenal pribadi dan keluarganya, maka selanjutnya guru harus mampu memahami karakter peserta didik. Memahami karakter anak didik tidaklah mudah, semudah mengenal biodata peserta didik. Memahami karakter peserta didik butuh kesungguhan dan keterlibatan hati dan pikiran guru sehingga dia dapat memahami karakternya dengan baik dan benar.
Karakter peserta didik adalah watak, kejiwaan dan sifat-sifat khas yang dibawa anak semenjak lahir, sebagai identitas diri yang membedakan dirinya dengan orang lain. Masing-masing anak didik memiliki karakter yang berbeda, bahkan peserta didik yang kembar sekalipun akan berbeda karakternya. Karakter seseorang peserta didik akan terlihat dari cara dia bertutur kata, bersikap dan berprilaku. Semua aktivitas yang tampak secara kasat mata merupakan perwujudan dari watak, jiwa dan sifat anak didik.

Cara-cara Memahami Karakter Anak Didik

Dalam mengenal dan memahami peserta didik, seperti halnya pada guru les privat di depok, guru hendaknya dibekali dengan Ilmu Psikologi Pendidikan, Ilmu Psikologi Anak dan Ilmu Psikologi Perkembangan. Dalam ketiga Ilmu tersebut terdapat konsep-konsep dasar tentang perkembangan kejiwaan peserta didik yang sangat membantu guru dalam mendampingi mereka. Disiplin ilmu ini sudah mulai dilupakan atau kurang diperhatikan guru sehingga kesulitan demi kesulitan dialami guru ketika berhadapan dengan peserta didik. Banyak masalah yang dihadapai peserta didik yang tidak terlalu berat tetapi karena kurang tepatnya pendekatan dan terapi yang digunakan guru dalam menyelesaikan masalah itu. Hal ini tidak menghasilkan penyelesaian secara tuntas dan masalah itu tetap menyelimuti peserta didik yang memberatkan langkahnya dalam meraih cita-cita.